HALLOJABAR.COM – Gerakan Mahasiswa Pelajar Kebangsaan (GMPK) Kabupaten Cianjur menekankan pentingnya masyarakat untuk mengawal proses pelaksanaan pemilu tahun 2024.

Hal itu dilakukan agar terwujud pemilu yang transparan, akuntabel, dan berintegritas.

Ketua DPC GMPK Cianjur, A. Majid mengatakan, masyarakat memiliki peran strategis dalam pesta demokrasi lima tahunan di Indonesia atau pemilu.

Salah satunya dengan secara aktif memantau jalannya pemilu agar terwujud pemilu yang jujur, adil, dan berintegritas.

“Pentingnya partisipasi aktif masyarakat dalam proses demokrasi harus disuarakan,” kata Majid kepada wartawan, Rabu, 21 Juni 2023.

Baca artikel menarik lainnya, di sini: GMPK Surakarta: Pemilu 2024 Momentum Generasi Muda untuk Buktikan Mampu Membuat Perubahan

“Hal ini penting dilakukan agar pemilu bisa berjalan transparan, akuntabel, hingga akhirnya terwujud pemilu yang berintegritas,” imbuhnya.

DPC GMPK Cianjur telah menggelar diskusi publik bertema “Transparansi dan Akuntabilitas dalam Pemilu Terbuka dan Tertutup” pada 18 Juni 2033.

Untuk membangun kesadaran publik akan pentingnya transparansi dan akuntabilitas dalam pemilu.

Sejumlah wacana muncul dalam diskusi dihadiri oleh mahasiswa, pelajar, organisasi kepemudaan, serta masyarakat umum tersebut.

Diantaranya terkait pentingnya masyarakat menolak politik uang hingga partisipasi perempuan dalam pemilu.

Ketua DPD GMPK Jawa Barat Taufiq R Sudrajat mengatakan, salah satu partisipasi publik dalam mewujudkan pemilu berintgritas adalah dengan menolak politik uang.

Hal ini dilakukan untuk menekan biaya politik dalam pemilu.

“Pemilih yang cerdas adalah kunci untuk menjaga integritas pemilu. Kita perlu memilih berdasarkan visi calon, bukan karena iming-iming uang,” katanya.

Sementara itu, Direktur Bumi Wanoja, Diah Apriliani, menekankan pentingnya partai politik mengakomodir keterwakilan perempuan minimal 30% dalam pemilihan calon legislatif.

Hal itu dinilai perlu dilakukan lantaran akan memengaruhi keterlibatan perempuan sebaga peserta pemilu di Indonesia.

“Untuk memperkuat demokrasi yang inklusif, diperlukan langkah-langkah konkret dalam menjaga transparansi pemilu.”

“Keterbukaan akan memberikan peluang yang lebih besar bagi perempuan untuk berperan dalam arena politik,” kata Diah.***

Jasasiaranpers.com dan media online ini mendukung program manajemen reputasi melalui publikasi press release untuk institusi, organisasi dan merek/brand produk. Manajemen reputasi juga penting bagi kalangan birokrat, politisi, pengusaha, selebriti dan tokoh publik.