Oleh: Ridwan Kamil, Gubernur Jawa Barat

HALLOJABAR.COM – JAS HIJAU Kepanjangan dari “Jangan sekali-kali Hilangkan Jasa Ulama” komplementer dari JAS MERAH (Jangan Sekali-kali Melupakan Sejarah).

Kemarin di Istana Negara, tokoh kemerdekaan dari Jawa Barat KH AHMAD SANUSI, asal Sukabumi dikukuhkan sebagai Pahlawan Nasional. Kehormatan ini diberikan oleh Presiden Jokowi.

Salah satu peran terbesar KH Ahmad Sanusi adalah menjadi salah satu anggota BPUPKI.

Selain itu, ia juga pernah diamanahi menjadi anggota KNIP (Komite Nasional Indonesia Pusat, anggota Dewan Penasehat Daerah Bogor (Giin Bogor Shu Sangi Kai), Wakil Residen Bogor (Fuku Syucokan)

Beliau juga yang membentuk Tentara PETA (Pembela Tanah Air), BKR (Badan Keamanan Rakyat) Sukabumi, KNID (Komite Nasional Indonesia Daerah) Kotapraja Sukabumi, dan diangkat sebagai pengurus Jawa Hokokai.

Ahmad Sanusi mengembuskan napas terakhirnya pada usia 63 tahun.

Ia pernah mendapatkan penghargaan sebagai perintis kemerdekaan dari pemerintah Presiden Soeharto dan Bintang Maha Putra Adipradana dari Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

Namanya diabadikan menjadi salah satu nama Terminal dan jalan di Kota Sukabumi, yang menghubungkan antara jalan Cigunung sampai dengan Degung dengan nama jalan KH. A. Sanusi oleh pemerintah Kota Sukabumi.

Semoga keteladanan dan kecintaan pada negeri ini, menjadi inspirasi kita semua di generasi hari ini. Aamiin.

Artikel dikutip dari akun Instagram @ridwankamil. ***

Jasasiaranpers.com dan media online ini mendukung program manajemen reputasi melalui publikasi press release untuk institusi, organisasi dan merek/brand produk. Manajemen reputasi juga penting bagi kalangan birokrat, politisi, pengusaha, selebriti dan tokoh publik.