HALLOJABAR.COM – Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) melaporkan tiga pekerja penambangan pasir di Kecamatan Gekbrong, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, tewas tertimbun longsor di lokasi tersebut.

“Pusat Pengendalian Operasi (Pusdalops) BNPB melaporkan pada Senin 6 Februari 2023, ketiga korban meninggal merupakan operator alat berat yang sedang melakukan penambangan,” ujar Pelaksana Tugas Kepala Pusat Data, Informasi, dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Abdul Muhari dalam keterangan tertulis diterima di Jakarta, Senin 6 Februari 2023.

Longsor yang terjadi pada Sabtu (4/2) dini hari juga menyebabkan enam alat berat terdiri atas tiga truk dan tiga ekskavator turut tertimbun.

Setelah kejadian, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan tim gabungan langsung menuju lokasi kejadian untuk melakukan penanganan darurat, asesmen, dan mengevakuasi korban.

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mengimbau semua unsur di daerah untuk meningkatkan kesiapsiagaan potensi bencana hidrometeorologi basah pada periode puncak musim hujan, seperti banjir dan longsor.

“Perhatikan kondisi lereng saat melakukan pekerjaan galian di lokasi berizin. Pascagempa Cianjur akhir tahun lalu, banyak rekahan-rekahan tebing yang mungkin tidak terlihat dan sangat labil.”

” Gunakan selalu prosedur keamanan dan keselamatan kerja saat melaksanakan kegiatan di kawasan rawan longsor,” kata Abdul.***

Klik Google News untuk mengetahui aneka berita dan informasi dari editor Hallo Media Network, semoga bermanfaat.

Jasasiaranpers.com dan media online ini mendukung program manajemen reputasi melalui publikasi press release untuk institusi, organisasi dan merek/brand produk. Manajemen reputasi juga penting bagi kalangan birokrat, politisi, pengusaha, selebriti dan tokoh publik.